Fakta Cokelat, dalam #JumatCokelat (30 Sept 2011)

4 Oct

Chocolate

Hmm..Cokelat, mendengar namanya saja kita sudah excited ingin memakannya. Rasanya yang manis membuat kita jadi ketagihan ingin memakannya lagi dan lagi. Kata Cokelat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit, yang dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao). Menurut sejarahnya cokelat pada awalnya diminum dan tidak dimakan. Disamping sebagai lambang ungkapan kasih sayang, cokelat memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut manfaat cokelat bagi tubuh:

  1. Zat theobromine yang dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung yang dapat membuat kita terjaga dan bersemangat, serta dapat  meredakan batuk.
  2. Rasa nyaman yang ditimbulkan setelah menikmati cokelat  terjadi karena cokelat memiliki ratusan zat yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia di otak. Zat-zat inilah yang merangsang aktifnya serotonin di otak yang selanjutnya akan memicu perasaan nyaman seseorang.
  3. Phenylethylamine berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine.
  4. Dopamine dapat memperbaiki perilaku dan suasana hati (mood). Memunculkan perasaan senang , meningkatkan rasa tertarik dan dapat menimbulkan perasaan jatuh cinta.
  5. Cokelat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.
  6. Fenol yang terkandung pada cokelat mempunyai kemampuan menghambat oksidasi LDL dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  7. Kandungan magnesium yang tinggi dalam cokelat sangat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan hipertensi.
  8. Cokelat mengandung antioksidan kuat yang disebut katekin. katekin yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini.

Cokelat juga mengandung karbohidrat (pati dan bermacam-macam gula), lemak (mentega coklat), protein sayuran, kalium, kalsium, natrium, zat besi, krom, dan vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), D, dan E, juga mengandung kafein.

Campina Chocolate with Extra Brownies

Terdapat 3 jenis cokelat: Dark Chocolate, White Chocolate dan Milk Chocolate. Jenis yang paling baik tentu saja Dark Chocolate, karena Dark Chocolate memiliki kandungan kakao atau biji cokelat terbanyak, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO). Dan Campina menggunakan Dark Chocolate sebagai bahan dasar pembuatan es krim rasa Cokelat, yang menjadikan es krim Campina begitu lezat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: