Fakta Kedelai ( 7 Nov 2011 )

8 Nov

Kedelai foto: inginsekalisehat.wordpress.com

Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi dasar banyak makanan dan minuman dari Asia Timur seperti kecap, tahu, tempe, susu kedelai, minyak (dibuat sabun, plastik, kosmetik, resin, tinta, krayon, pelarut dan biodiesel), tauco, taosi dan tepung kedelai. Kedelai yang dibudidayakan sebenarnya terdiri dari paling tidak dua spesies : Glycine max (disebut kedelai putih, yang bijinya bisa berwarna kuning, agak putih, atau hijau) dan Glycine soja (kedelai hitam, berbiji hitam). Di Indonesia, kedelai menjadi sumber gizi protein nabati utama, meskipun Indonesia harus mengimpor sebagian besar kebutuhan kedelai. Pemanfaatan utama kedelai adalah dari biji. Biji kedelai kaya akan protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin.

Protein yang terkandung dalam kedelai seperti asam amino argirin dan glisin, kedua asam amino ini merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh. Karena itu jika makin tinggi asupan protein dari kedelai, sekresi hormon insulin dan glukogen ke dalam jaringan tubuh akan makin meningkat, sehingga dapat menekan kadar glukosa darah kemudian diubah menjadi energi dan bagi siapapun yang memiliki gejala diabetes, maka bisa ditekan oleh tanaman kedelai.

Berikut ini manfaat kedelai bagi tubuh:

  1. Kedelai mengandung antioksidan yang disebut isoflavon, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi dan sinar matahari.
  2. Protein dan isoflavon membantu dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta penurunan kemungkinan pembekuan darah.  Hal tersebut mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
  3. Menurunkan resiko kanker payudara, prostat, dan rahim.
  4. Berfungsi untuk memperlambat kehilangan massa tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada akhirnya mencegah osteoporosis.
  5. Dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause.
  6. Membantu mengurangi rasa sakit selama periode menstruasi.
  7. Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.
  8. Kandungan serat yang tinggi sebagai alat untuk mengatur berat badan.
  9. Menambah daya ingat.
  10. Dapat menghasilkan sperma yang berlebih.
  11. Menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan.
  12. Meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat kedelai bisa kamu dapatkan dalam kesegaran dan kelembutan es krim Campina LuVe Litee. LuVe Litee merupakan es krim low fat (rendah lemak) pertama di Indonesia dari Campina. Es krim ini akan menjadi snack sehat bagi semua kalangan bahkan termasuk untuk para penganut pola hidup vegetarian dan vegan. Hal ini karena es krim LuVe Litee hanya terbuat dari bahan nabati dan tidak menggunakan produk dairy dalam bahan pembuatannya.

LuVe Litee

Sumber: kompas & anneahira.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: